Tugas Kuliah PenKom_1

Nama : Prapti Dwi Lestari

Nrp : A14090091

Tugas Kuliah Penerapan Komputer

Bagaimana Teknologi Informasi dapat Membantu dalam Pekerjaan /

Usaha yang Diinginkan Setelah Lulus

Belakangan ini banyak mendengar kemajuan di bidang informasi, telekomunikasi dan teknologi informasi yang begitu pesat yang berorientasi pada teknologi informasi. Dengan semakin gencarnya globlalisasi dunia saat ini, maka teknologi informasi juga semakin marak pada kehidupan masayarakat. Teknologi informasi  membantu pekerjaan kita dengan informasi untuk melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informal.

 Teknologi informasi sudah menjadi senjata (alat) dalam proses bisnis perusahan yang dapat membuat aliran informasi berjalan secara cepat secara internal maupun eskternal. Teknologi informasi memiliki banyak peranan dalam membantu manusia dan memecahkan masalah. Membantu Manusia dalam : meningkatkan produktivitas, meningkatkan efektivitas, meningkatkan efisiensi, meningkatkan mutu, meningkatkan kreativitas, Problem solving (pemecahan masalah). Teknologi informasi merupakan suatu proses perkembangan teknik, metode dan media komunikasi untuk bertukar informasi antar manusia.

Saya adalah mahasiswa IPB dengan mayor Ilmu Tanah dan Manajemen Sumberdaya Lahan, berbicara mengenai jika saya kelak menjadi manajer di perusahaan yang mengolah pengindraan jarak jauh suatu lahan penambangan, saya berharap ada teknologi berupa tablet PC yang canggih dengan fasilitas yang bisa juga digunakan sebagai laptop, netbook, pemutar CD, kamera digital, layar televisi, mesin hitung scientific, alat pendeteksi jarak jauh yang dapat melihat suatu lahan di muka bumi ini, alat pendeteksi gempa, alat komunikasi massa via telepon dan video call, alat pemutar suara, media penyimpanan data yang kompatibel, media pengolah data, audio, visual, dan audiovisual, media edukasi untuk sarana belajar-mengajar, media pengiriman data yang cepat, dapat mendeteksi keberadaan orang tertentu, dan alat tersebut dapat dipasangkan ke berbagai alat elektronik sebagai pengatur layaknya remote control. Teknologi Penginderaan Jauh (inderaja) memiliki kemampuan untuk mengetahui roman muka bumi dalam kurun waktu tertentu dan dapat digunakan sebagai alat monitoring kondisi lingkungan wilayah penambangan. Dengan studi inderaja diharapkan dapat memberikan informasi cepat dan akurat kepada Pemda mengenai akibat yang ditimbulkan oleh aktifitas penambangan serta arahan penanggulangannya. Teknologi citra satelit Landsat-7 dan Peta Tematik berbasis SIG, dapat memberikan informasi tutupan lahan dampak aktifitas pertambangan dengan cepat, tetapi harus didukung oleh akurasi dan validasi data hasil peninjauan lapangan. Data GCP ataupun tracking dengan GPS Garmin 12 CX kurang mendukung dalam proses rektifikasi citra dikarenakan alat GPS tersebut masih menghasilkan data dengan nilai koreksi besar. Kombinasi band 4 untuk R, 5 untuk G, dan 7 untuk B, menampilkan feature yang sesuai untuk proses analisis tutupan lahan aktifitas pertambangan. Perkembangan saat ini, seharusnya membangun laboratorium citra yang dilengkapi peralatan hardware, software, maupun SDM yang memadai.

Pengembangan teknologi tersebut membuat aktifitas saya lebih efektif dan efisien baik dari segi waktu, tenaga dan biaya. Namun dampak negatifnya adalah kesempatan kerja semakin sempit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s