“Mendidik Anak Setangguh Nabi Yusuf”

Let’s share the goodness 🔸karena ikatan batin yang rusak dimasa kecil, ditandai salah dalam proses menyusui dimana ibu terlalu cepat menyapih atau menyusui lewat botol anak jarang dipeluk dan dibelai, Ibnul Qayyim menyatakan dalam kitabnya ” jika ASI seorang ibu berhenti sebelum anak berusia 2 tahun maka hak anak bermain dengan puting ibunya tdk boleh diredakan” , kalaupun ibu bekerja sehingga harus memeras asinya, jangan mengandalkan asi di botol sebab nantinya badan mereka bongsor tapi jiwanya kerdil, maka solusinya adalah ketika malam anak ditempelkan ke puting atau dada ibunya, sebab anak sampai usia 2 tahun butuh ibunya, Rasulullah pun pernah mempercepat sholatnya ketika mendengar bayi menangis, sehingga ijma’ ulama ” hukum membatalkan sholat sunnah untuk mendiamkan bayi menangis adalah boleh”. Ibu yang dekat dengan anak di masa kecilnya akan mempengaruhi kualitas hubungannya dengan anak ketika ia dewasa, saat muka ibunya berubah mereka akan sensitif ” mama kenapa, aku salah ya”, sebaliknya anak yang tidak dekat dengan ibunya ketika muka ibunya brubah mungkn mereka malah meledek.

🔶karena peran yang tertukar.
Tugas ibu sejatinya memberikan rasa nyaman sedangkan tugas ayah adalah menegakkan aturan, misalnya ketika anak menangis karena dimarahi ayahnya sebab melanggar aturan, tugas ibunyalah yang membujuk anaknya” sudah sayang maksud papa baik itu tandanya papa sayang kamu”. Jangan malah sebaliknya, karena ibunya yang rajin ikut kajian parenting ayahnya tidak, ibu yang selalu buat aturan “nonton tivi paling lama 2 jam”, “Ya Allah laptop masih dipegang” “makan indomie” ” hesti kerja PRnya !” giliran ketika ayah datang anak merengek “ayah, boleh nonton TV kan”, ayah jawab “boleh”, nah inilah yang membuat anak memusuhi ibunya, oleh karenanya supaya  ini tidak terjadi, kembalikan tugas ibu sebagai pemberi rasa nyaman dan yang menjadi tugas Ayah berikan jika perlu komunikasikan.

💘 Ada 3 skill dasar yang mesti dimiliki seorang ibu agar anak merasa nyaman dan selalu rindu untuk pulang :

💟Skill memasak,
sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu hal yang membuat anak ingin/rindu untuk pulang ke rumah adalah rindu masakan ibu.

💟 wajib memijit/bisa memijit,
setiap anak suka dipeluk dan disentuh sampe dewasa pun orang senang dipeluk dan disentuh, anak kalau sudah remaja jarang yang mau dipeluk dan dicium oleh ibunya makanya bujuk dengan pijitan, jika anak mau disentuh bagian punggung, leher dan telapak tangannya maka ia akan lancar bercerita makanya jangan sepelekan tugas tukang pijit sejatinya dia adalah konselor dan biasanya tau aib orang-orang yang dipijitnya karena ketika orang dipijit dia akan lancar bercerita. Ibu bisa memanfaatkn ini untuk lebih mengenal anaknya.

💟 bisa mendengar,
Salah satu kelemahan ibu adalah tidak sabar mendengar anaknya bicara/curhat, ada anak yang baru saja cerita sama ibunya tiba-tiba malas melanjutkan sebabnya karena ibunya sudah buru-buru mengeluarkn ayat, dalil/menyanggah, “bunda masa tadi ada yang godain aku” ibu” qolallahu ta’ala filqur’anil karim” belum jelas duduk permasalahannya sudah keburu menasehati hingga mungkin saja nasehatnya tidak tepat sasaran sehingga anak lebih senang curhat di media sosial , nasehat memang tidak salah pada anak, tetap ketika mereka curhat ibu wajib mndengar, salah satu teknik ketika anak cerita pake teknik cicak “Ya Allah, mmcccc”

5⃣ masa krisis anak dimana ayah sangt berperan :

🔺Awal sekolah, anak yang dekat dengan ayahnya akan mudah beradaptasi di sekolah dan lebih pede sbaliknya anak yang tidak dekat dengan ayahnya akan susah beradaptasi diskolah. Anak yang dibangunkan dipagi hari oleh Ayahnya akan memiliki prestasi yang lebih baik.

🔺Menjelang pubertas ketika anak siap memasuki dunia remaja.

🔺Pubertas, terutama untuk anak wanita, anak yang dekat dengan ayahnya tidak akan mudah jatuh ke pelukan lelaki lain karena kebutuhan dasar wanita adalah ingin diprhatikn dn dicintai, mengapa ada anak perempuan yang ketika ada lelaki yang merayunya dan mengungkapkan cinta dia akan mudah diikut hatinya dan menganggap lelaki ini luar biasa, karena lisan ayahnya terlalu kaku mengungkapkan cinta kepadanya, seharusnya ayah tidak segan mengatakan ” duhai cintanya ayah, ketahuilah tidak ada satupun lelaki di dunia ini yg lebih mencintaimu kecuali ayah, kamu harus tahu itu”,

🔺Persiapan nikah, anak yang tidak dekat dengan ayahnya akan bingung menentukan sosok jodoh yang tepat , sebaliknya ketika ayah menjadi cinta pertama bagi anak perempuannya maka dia akan mencari sosok suami seperti ayahnya “tipe kamu seperti apa” “seperti ayah”  kalaupun tidak dapat persis seperti sosok ayahnya minimal mau menerima calon yang dipilihkan ayahnya. ayah tidak dekat dengan anaknya harus siap menerima calon menantu yang akan memisahkannya dari anaknya.

🔺5 tahun pertama pernikahan, wanita yang menggugat cerai suaminya karena tidak punya sosok ayah sehingga ketika  disakiti suaminya akan cepat mengambil kesimpulan semua lelaki sama, semua lelaki brengsek, sebaliknya wanita yang dekat dengan ayahnya akan cenderung mempertahankan pernikahannya karena menghargai ayahnya.

💞Bentuk cinta yang dibutuhkan anak :

🔹ucapan, “ayah/ibu sayang kamu,” Islam sendiri mengajarkn bahwa cinta itu harus dinyatakan.
🔹Senyuman, anak akan merasa nyaman memandang wajah ayah ibunya yang suka senyum.
🔹Pelukan.
🔹Permainan bersama, anak harus merasa asik ketika bermain dengan orang tuanya.
🔹Kehadiran orang tua di golden momen, yaitu ketika anak sedih (bandar narkoba suka mendekati anak yang lagi sedih), sakit, dan unjuk prestasi ( menghapal Al Qur’an, baca puisi dll) orang tua wajib hadir pada kondisi ini karena jika tidak anak bisa saja merasa tidak dicintai.
🔹hadiah,
jangan  berdasarkan momen misalnya ulang tahun bagi yang merayakan karena anak akan merasa tidak istimewa, sering-seringlah memberikan / mengirimkan hadiah mendadak jika mereka bertanya mengapa katakanlah bahwa karena ayah/ibu sayang atau cinta kamu.
🔹Doa,
Jangan bosan mendoakan anak karena kita tidak tahu diurutan keberapa ucapan orang tua akan masuk ke hati anak.

🎁demikianlah sedikit oleh-oleh yang bisa kami share dari seminar parenting “Mendidik Anak Setangguh Nabi Yusuf”, semoga bermanfaat, boleh di share ke orang lain.

Credit:
http://www.muantapzaqiqah.blogspot.com

Posted from WordPress for 파핑 27 ‘s Android

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s